Post Format

Buddha dan Vegetarian

Sang Buddha dan Vegetarian

Selamat hari Waisak 2556 BE bagi umat Buddha di seluruh pelosok Indonesia!

Hari ini seluruh umat Buddha memperingati hari Waisak, yaitu perenungan atas tiga peristiwa penting: kelahiran, pencerahan, dan meninggalnya Sang Buddha. Buddha adalah salah satu guru terbesar di dunia yang menekankan ajaran cinta kasih universal dan kebahagiaan bagi semua makhluk hidup, sebagaimana tertuang dalam pengharapan dan afirmasi yang terus diucapkan oleh seluruh umat Buddha hingga sekarang, yaitu:


Sabbe Satta Bhavantu Sukkhitatta

yang berarti:

Semoga Semua Makhluk Berbahagia

Menghentikan konsumsi produk hewani adalah cara termudah dan paling logis untuk mewujudkan kebahagiaan bagi semua makhluk hidup. Karena itulah Buddha senantiasa menekankan pentingnya menjadi vegetarian bagi semua pengikutnya.

Melihat kondisi planet kita di masa kini, penekanan Buddha pada gaya hidup vegetarian menjadi semakin relevan dari waktu ke waktu. Menjauhi produk-produk hewani tidak hanya menyelamatkan hewan-hewan yang tidak berdaya dari pembantaian yang tidak perlu, tetapi juga memberikan Anda kesehatan dan kebahagiaan hidup; menghemat pangan, air, dan energi dunia; menyelamatkan dunia dari ancaman perubahan iklim, dan lain-lain.

Tetapi di atas semua manfaat fisik yang terlihat, menjadi vegan/vegetarian akan mengembangkan kasih dan kesadaran Anda, menumbuhkan rasa empati dan kepedulian bagi orang-orang dan makhluk lain di sekitar Anda. Kasih, empati, dan kepedulian inilah yang akan menjadi kunci kebahagiaan dan perdamaian sejati di muka Bumi, sekarang dan selamanya. Semoga semua makhluk berbahagia…

Bagi Anda yang ingin mengenai lebih jauh mengenai ajaran Sang Buddha dan Vegetarian, silahkan download file PDF berikut ini:

Download PDF Sang Buddha & Vegetarian

One comment

Leave a Reply

Required fields are marked *.